Posted by: Okitya | 16 April, 2009

Format Surat Rekomendasi

Berkaitan dengan Surat Rekomendasi dari Eselon I yang jadi lampiran persyaratan ngajuin DIV..

Jadi karma selama ini persyaratan sebelumnya cuma dari Eselon II

Silakan membuat surat sendiri ke Eselon I masing masing… di arsip kami format surat itu gak ada.. –yang ngurus juga lagi cuti… (lengkap sudah)- tapi ntar gw tanyain lagi deh…


Responses

  1. assalamu’alaikum, pak..
    makasih atas infonya ^^

    cm mw komen, surat rekomendasi itu harus eselon I? ribet bgt u anak pwakilan y.. proses surat menyurat di birokrasi kantor tu lama, apalagi AKN VI.. pak tris sibuk bgt.. asal terus monitor aja k staf pak tris ma pak djun..

    oia, seinget gw, ada temen kt yg merit dgn ria-anak PBB dari Tasik. syp y namanya? gw lupa.. yuda bukan sih?!

    temen kt itu udh dpt momongan… lahirnya seminggu sebelum ratna merit kl g salah (?!)..
    kl gak salah si anaknya laki2.. tp gw lupa nama anaknya.. rayhan bukan?!

    congratz, ya, bung yuda..

    sekalian,
    tanggal 16 mei nanti, si peserta diklat STAN BPK 2007 yg ke-‘129’ , ASTRO BOY-NYA RATIH, akan genap berumur 1 tahun!!

    happy bday y, astro boy..

    (mgkn dy udh ngerti bikin laporan keuangan kl ya, secara pas dy di perut, ibunya belajar akun ^^)

    eh, hr ini udh tgl 21…
    met hari kartini!!
    (halah…)

    ada yg ultah g hr ini?

    note:
    saran buat admin, buatin kitorang facebook dong… biar interaksi nya dapet.. atw di-kreatipin-kek blognya.. so, kt2, awak2, beta2, wong galo, bs aplot macem2 kyk FB…


    -BeBASkaN.JAkaRTa.dR.keMAceTAn-
    GO GREEN!!

    he..he..

  2. Tanya…di syarat pendaftaran kan ada tuh diusulkan oleh pimpinan unit esselon I..tapi di berkas pendaftaran yang harus dikirim kan cuma surat keterangan dari esselon II..
    Jadi rekomendasi dari esselon I itu ga harus dikasih pas pendaftaran USM kan? bisa nanti kalo benar2 diterima baru deh rekomendasi esselon I nya kolektif..gitu bukan??

  3. @sefthina:panjang banget bu..🙂
    menurut kalender facebook gw sih yg ultah hari ini tu lawe..
    Met hari kartini we :8

    Yg anak tasik tu yudha..parah lo ga kenal anak seangkatan. :p
    Terakhir gw ketemu ma dia di gorontalo sih istrinya lg hamil..dah lahir yah?
    Selamat jadi bokap deh buat yudha..

    @adil: emang kite dah bisa daftar dil?😳

  4. Aduh..
    bapak bapak ibu ibu..
    berhubung gw juga gak liat syarat pendaftarannya ya..
    gw juga gak tahu sih…

    Yang pasti..
    kalo emang musti ada rekomendasi dari eselon I..
    kirim aja pake nota dinas dari Kalan..
    lampirannya ya itu…
    surat rekomendasi yang dah kalian bikin…
    dimana eselon I yang dimaksud tinggal tanda tangan doang…

    Yah..
    soeksoes yha…

    @sefthina
    kan kita dah ada facebook buk..
    canggih bener yak kita buat saingan muka-buku itu…
    tuh Nun.. ditantangin sefthin buat bikin gituan…

    lagian facebook gak bisa dibuka dikantor yha..
    duuh.. nista bener sih nasib kita nih…

    Buat lala…
    cieey..
    met ulang tahun juga yha…
    muah muah cup cup..
    buat astroboy juga…

    dan buat semua…
    makasih ya buat dukungannya…
    iya..
    anak kami dah lahir..
    Rayhan namanya…
    -pletak-

  5. @okit: Aku mau tanya, kalo kuliah di PTN yang akreditasinya C, piye? BPK mau terima g ya? soalnya disini PTN cuma 1-1nya ya Univ. palangka raya, ga da laen…
    mau cari swasta yg A, ga ada….
    bisa ga si kit?

    oia, kitty, format rekomendasi dah ada belum…?
    posting ya….

    end’, kit…..
    Kami, Andi dan Keluarga Mengucapkan Selamat Hari Kartini!
    Hehehehe!😛

  6. @ bung andi
    Kemaren guah udah tanya sama pak padang, pada saat itu gw nanyanya malah lebih parah :

    “Pak di aceh ada PTN akreditasnya B, yaitu UNSHIITT!! (carilah sendiri apa PTN di banda aceh), tapi mereka gak mau nerima lulusan D-3 dari luar UNSHITT, termasuk STAN (sombong x nih univ, UI aja mau nerima kok…), udah berdebat sana-sini sama kepala jurusannya mereka kekeuh gak mo nrima…
    Dan liat2 lagi, ternyata Univ. di banda lainnya yang ada cuman swasta udah gitu Akre nya C…
    Akhirnya kepentoklah sama UT, PTN yang akre jur Akun nya masih belon jelas…, gimana dong pak??”
    Setelah curhat sama pak padang, kata pak padang :
    “no problem itu klo memang begitu kondisinya, tetep diakui oleh BPK, cuman harus ikut ujian penyesuaian dulu…”

    Yang Perlu diperhatikan :
    1. Pada dasarnya semua kuliah kita yang ngambil dengan biaya sendiri, harus ikut ujian penyesuaian baru bisa diakui BPK. Yang langsung diakui cuman D-IV sama Yang dapet Beasiswa dari BPK

    2. Trus klo PTN akreditasi apa aja OK, yang penting inget tadi…ada ujian penyesuaiannya…

    3. Klo nyang swasta, yang ditolerir BPK adalah swasta dengan akreditasi paling tinggi di Propinsi tsb…

    Oke semoga dapat membantu & memberi pencerahan…

  7. serius nih gon UT boleh?🙄
    FYI, disini ga ada–sekali lagi ga ada– Fakultas Ekonomi, jurusan akuntansi di provinsi papua barat (yg S1..kalo d3 sih ada)

    senior kita disini pernah nanya langsung ke sdm (gw lupa ama sapa–tapi salah satu pejabat juga) n dibilang kalo ga akreditasi ga bisa (swasta ato negri)…
    n UT tuh kan akuntansinya lom akreditasi..jadi yahhh..lom jelas deh kepastiannya gimana.

    btw, kalo soal “…dengan akreditasi paling tinggi di Propinsi” kira2 ada peraturan
    hitam diatas putihnya gak ya?
    biasa lah..badan penuh ketidakpastian gini..🙂

    btw, lo lanjut UT? gw semester ini ga ikutan..lupa daftar lg..😳

  8. Tanya surat usulan Esselon I gimana nih? Bukannya komplain tapi rada kurang sreg ama format surat rekomendasi yang buat depkeu itu… Di syarat pendaftaran kan cuma surat usulan calon peserta ujian (semacam surat pengantar) ga surat rekomendasi…
    Lagipula apa sopan kita ngasih surat perorangan trus sekjen ttd..dengan format dan waktu yang mungkin berbeda di masing2 perwakilan..ga dikolektifkan aja semua peserta yang mau ikut dan sekjen tinggal ttd satu surat yang berisi usulan calon peserta dari BPK??

    Dan diatas itu semua..yang terpenting adalah..ada yang udah verifikasi berkas belum sih??? Kita bisa ikut ga? Jangan sampe kita udah ngurus2 ke esselon I tapi ternyata ga di approve berkas-berkasnya..

  9. 4 share..
    dapet kabar dari burung berkicau😳
    dah keluar tuh..surat edaran SDM Depkeu..
    katanya yg boleh ikutan daftar D4 paling muda tu
    angkatan 2006…

    masalahnya adalah..berlaku juga ga tuh buat kita-kita, yang notabene cuman “nebeng” kuliah aja di salah satu bawahan Depkeu tersebut?

    ato kita ngikutin kebijakan biro SDM BPK aja (yg ga mengatur batas minimal masa kerja buat kita melanjutkan kuliah)? <– semoga yg ini 8)

  10. 4 Willman & kawan2 lain

    Klo UT tanpa akreditasi sih, kemaren pak padang cuman bilang “klo kondisinya spt itu, ya nggak papa, kita usahain biar bisa ikut ujian penyesuaian..”
    gak ada itam di atas putih…

    Tapi klo nyang akreditas tertinggi di provinsi, dulu pernah tak tanyain sama orang biro SDM yg lagi ngurus USM BPK S1 di Banda Aceh, katanya dulu orang SDM nyang bagian tugas belajar udah pernah membicarakannya sama Sekjen, katanya hasilnya pun udah ada, semacam surat edaran/keputusan gitu, cuman belom dibagi2in ke perwakilan…trus pada saat itu aku nitip sama dia, biar di fax-in ke Banda Aceh, tapi sampek sekarang gak nongol2 ntuh, mana lupa nanya nomer hp nya lagi…namanya juga udah lupa gua…aahhhh…sungguh aku seorang pelupa yang menyedihkan…

    Iya, ane & Squad Banda ngambil UT juga akhirnya man, reg 2009.1, dan bagi kami yg di Banda, UT itu terbukti ternyata mang susah bener…dan sepertinya gak reccomended buat auditor…
    1. Karena kerja, udah males buka modul yang tebel2 itu, mana ngambilnya matkulnya manajemen semua…Mumet lah itu otak dengan hapalan2 yang pada intinya cuman POAC aja…
    2. Jadwal belajar kebentur2, bagi yang daerah nya banyak rencana pemeriksaan, jgn ambil UT…misalnya teman kita berinisial “S” biasa dipanggil “U”, dia baru PS interim Februari-Maret, pulang seminggu, PS lagi Interim Maret akhir April..Ntar awal Mei udah ujian..mana lah dia sempet blajar..kondisinya nggak jauh beda dgn saya..
    3. Nggak ngebayangin tar ujian gimana, kebetulan ambil 8 matkul, ujian 2 kali, sehari 4 matkul..weleh2..udah terlena sama STAN yg sehari 1 matkul..bisa2 jawaban & ingetan kebolak-balik entar..mana pas tanggal ujian gw masih PS lagi..whatdafu*k..
    4. etc…etc…

    tapi bagi yang mau nyoba sih, saya tidak menghalangi…mungkin kapasitas otak kita beda, hahaha…I’m low, you’re better…

    Terlepas dari disetujui ato engga, menurut guah bagi yang mau nge UT dijalanin aja, terus terang gua juga nge-UT karena gua ga pengen ga melakukan sesuatu…anggep aja UT itu bonus, klo diakui ya syukur Alhamdulillah, klo pun enggak, setidaknya klo lulus kita udah dapet gelar S. Akt (klo ga salah ini gelar versi baru lulusan S1 Akun keluaran diknas&dikti), dengan gelar itu kita bisa ngambil Ak (coba klo D4, kan cuman SST, gak bisa ngambil Ak), trus klo mau ngambil beasiswa dari luar juga bisa dipake (katanya ada kasus, beberapa beasiswa ga nerima SST, karena Dikti gak mo ngeluarin surat pernyataan bahwa SST=S1), trus klo mau keluar dari BPK kan udah ada pegangan…(mangnya ente tau sampek kapan kerja di BPK?? siapa tau 3 taun lagi ente udah bosen, trus pengen cabut tapi gelar masih D3..anticipate ur future problems guys…)

    Sepertinya post ku ini, abis membanting UT, terus ngangkat2 UT ya..hahaha..
    ga maksud buat bikin bimbang lho, cuman ngasi pertimbangan2 aja + dan – nya UT, terutama bagi kawan2 yg senasip, yang di ujung2 posisinya..dimana kita mau berkembang tapi sulit… T_T

  11. @adilphoenix

    saya setuju, bahwa sepertinya klo bikin surat rekomendasi sebaiknya kolektif aja..

    Nah kira2 ada nggak yang berkasnya udah di verifikasi & lolos?? atau ada yang udah di tolak??

    kemaren tgl 29 pagi gw udah ngirim tuh berkas, kira2 tgl 1 ato paling lambat tgl 2 nyampek…ntar di pantau dulu lah…lolos ataw ga lolos tar tak kabarin…klo lolos, langsung aja kita bentuk tim pengajuan rekomendasi kolektif..gimana bos??

  12. gw dah daftar juga.. reg 2008.2
    cuman di 2009.1 ini ga ambil mata kuliah sama skali.
    telat😳
    hahahaha

    soal kesulitan kuliah, jelas lahh.. IP 2008.2 gw aja di stan dah DO kali😳
    secara ujiannya waktu lagi pe es..harus terbang2 dulu ke kota yg ngadain ujian. (gw ga belajar sama sekali–bahkan baru tau mata kuliahnya itu apa waktu soal dibagikan..heheheh)
    hhhh..ya sudah, tulisan lo bikin gw semangat lagi ngambil 2009.2🙂

    anggap aja UT bonus..
    bonus…bonus..bonus..
    gw suka kata itu 8)

  13. Sekilas info..
    Berkas2 dr manokwari dah diterima sekre..tp blum diverifikasi..mereka bilang kita disuruh nunggu ampe tgl 8..
    Padahal bpu dah bs diambil tgl 4..gmana sih..

    Trus diluar dugaan ND dr kalan yg kami kirim ttg pengajuan pegawai di perwakilan manokwari yg berminat mengikuti ujian d4 ke sekjen dan tortama kn6 dibales ama tortama 6. Brupa ND ke sekjen tembusan ke kalan ttg pengajuan nama pegawai yg berminat ikut d4. Selain papua barat di nd tsb jg ada nama dr pwk kalteng (andika,bahtiar)

    Bisa ato ga nya tu ND sbagai ijin esselon1 belum tau..mungkin besok atau lusa kita ajuin ke sekre..atau ada yg udah ngurus di ktr pusat?

    Mudah2an ga ada yg salah ketik..dr hp nih..
    Ktr pusat tega amat internet pwk di matiin..

  14. @ adilphoenix

    ralat dikit, aku sama bahtiar bukan di pwk Kalteng, tapi tetangganya… Kalsel sob…
    oia, masalah pendaftaran D IV, aku kemaren ngecek status berkas pendaftaran ke http://www.stan.ac.id.. hasilnya senasib sama adil bahwa berkas belum diverifikasi, dan itu artinya BPU belum bisa dicetak… trus hari ini (sampai sekarang tepatnya) aku mau ngecek kembali, ternyata situsnya kaga bisa dibuka…

  15. Ups iya..iya.. ralat diterima hihi..

    Status hari ini…berkas masih belum diverifikasi..hh…

  16. Info satu lagi…
    DIV juga pake penyesuaian kok…
    kata sapa gak pake gon…?

    -apa formalitas doang yha?…-
    hmm…
    soalnya angkatan DIV yang lulus tahun 2008 tuh pake tes peyesuaian bareng tes psikotes penerimaan S1 kemaren…

  17. Akhirnya setelah menunggu harap2 cemas, pake acara perpanjangan waktu segala…Tapi ditunggu2 BPU gak nongol2, akhirnya iseng2 aku liat situs usm.stan.ac.id liat BPU lagi, buset belom nongol juga..terus logout, loh kok ada tulisan :

    “Untuk peserta yang mendaftar Program Diploma IV, daftar nama berikut keterangannya dapat dilihat disini”

    trus ane klix deh..Eng Ing Eng..
    tersambunglah ke :

    “http://usm.stan.ac.id/bpu/verified_d4.pdf”

    yg langsung mendonlot sebuah file PDF

    and then,,,sungguh sangat tidak diharapkan, tapi memang sudah saya prediksi sebelumnya, ternyata angkatan kita memang belom pantas menguji ketangguhannya dalam usm D4, tentunya dengan alasan klasik si PMK tai burung itu :

    “MASA KERJA DALAM PANGKAT 2/C KURANG DARI 2 TAHUN”

    sinyalemennya sih udah kebaca dari tanggal 8 kemaren, dimana websitenya gak bisa diakses, trus tanggal 11 ada tulisan :
    pendaftaran diperpanjang sampai tgl 15, BPU diumumkan s.d. tgl 22.
    Terus ada link yg menjelaskan kenapa perpanjangan waktu tersebut dilakukan, ringkasannya begini :

    “Tanggapan atas PMK 18/PMK.01/2009, bahwa masa kerja dalam pangkat II/c harus 2 tahun dihitung dari SK pengangkatan sebagai CPNS”

    Lalu jika dirunut ke pengumuman usm D4, ada keterangan begini :

    “Khusus untuk peserta kelompok ujian I & II, pada tanggal 1 Mei 2009 harus : bla bla bla”

    jadi nyang di atas itulah kriterianya

    lalu kondisinya:
    kita diangkat CPNS januari 2008, pada tgl 1 Mei 2009 kita baru 1 tahun 4 bulan

    Akibatnya :
    “MASA KERJA DALAM PANGKAT 2/C KURANG DARI 2 TAHUN”

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA….HAHA…HIK…
    Guah jadi ketawa sedih ngeliatnya…

    tapi mau apa lagi, itulah depkeu dan si menkeu nya yang berusaha menghambat anak2 STAN yang ingin menimba ilmu (atau ingin kabur dari penempatan nyang ga strategis…hehe)..whateverlah…kebijakan adalah kebijakan, birokrasi memang harus ditaati karena kita hidup dan terikat didalamnya…

    Sabar ya buat temen2, yang di papua yang di aceh (gua dong??haha..) dan tempat2 lain yg ingin ber-D4 ria…staun lagi lah kita bersabar dulu…semoga, InsyaAllah taun depan ga ada hambatan lagi…Semoga taun depan ga ada PMK yang lebih aneh lagi…dst dsb…
    Jangan luntur semangat kita untuk bekerja dan mengabdi pada negara, karena :

    Siapa Kita?? (okit paling hapal nih…)
    BPK…BPK…BPK…
    yihaa..yihaa..yihaa..

  18. hiks2…
    jadi terharu aku baca komennya gogon… T_T
    oke…
    Semangat2….

  19. akan kuu~junjuu~uung selaluu~~…
    -pake gaya dewi persik-

    yaah…
    semangat lah ya…
    masih ada season berikutnya…

  20. Fiuhh..
    Baiklah gon, kita coba tahun depan..

    *untung gw belom mendarat di lokasi ujian,
    Kalo udah bisa rugi bandar neh..*

    Btw,angkatan kita kan ada beberapa yg dpt BPU tuh,kabarnya gmn?apa dibatalin semua?

  21. Gua rasa sih dibatalin semua ntuh..

    klo liat pengumuman kan udah jelas, status BPU kita semua “Tidak Keluar”..maybe karena human error ato pas masih bingung ngitung kerja di gol 2/c-nya dari kapan, akhirnya keluar deh tuh BPU..

    Toh klo masih nekat juga pake BPU itu, ntar juga ketauan kok..
    klo ngga ketauan, berarti…Selamat!! anda benar2 beruntung…wkwkwkw…

  22. waww, takjub gw ma temen2…jangan khawatir, taun depan d4 masih buka kok, nyang semangat…

  23. tenang, tahun depan masih ada kesempatan lagi kok, mumpung masih panjang bersiap-siap dulu, ingat saingan kita juga teman-teman seangkatan kita di pajak dan bpkp pasti nyoba semua.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: