Posted by: mibnufajar | 25 November, 2008

NPWP : Mendingan Buat Deh..

Seperti yang dah diposting 20tubuh beberapa bulan lalu, Direktorat Jenderal Pajak Departemen Keuangan mengeluarkan kebijakan baru mengenai perpajakan yang akan diberlakukan mulai 1 Januari 2009, selain single tariff buat WP Badan (Eww..I dun care..), Gratis Fiskal buat warga negara yang punya NPWP (Wah..lumayan..bwt ke singapore..), ada peraturan yang rada-rada maksa kita utk bikin NPWP :

“Bwt WP yang ga punya NPWP, bayar PPh 21-nya 20% lebih banyak, bayar PPh 22 & 23-nya 100% lebih banyak”

Tadi gw nanya, PNS kena juga ga sih..kata Ucup sih kta kena juga..

Klo gtu..

Ewww…Ga mau dipotong..

Jadih, mending buat ya.. Dwi Anto dari Biro Keuangan telah dengan baik hati menawarkan buat bikinin NPWP, syaratnya cuma ngumpulin fotokopi KTP ajah.

Buat yang ga bisa ngasih fotokopi KTP ke Dwi Anto, tata cara pembuatan NPWP adalah :

  1. Daftar online di www.pajak.go.id.
  2. ikuti pentunjuknya.
  3. setelah selesai, website-nya bakal ngasih tau ke Kantor Pajak mana kita harus melapor.
  4. Cetak, itu juga sebagai NPWP sementara
  5. Lapor ke KPP yang ditentukan, jangan lupa bawa surat keterangan kerja, FC KTP dan FC Kartu Keluarga. Bisa lewat pos jugah..Cuman agak lama..
  6. Tadaaa.. Punya NPWP !!

Responses

  1. Eh Sodara-Sodara Paling lambat nyerahinnya hari jumat ini yah biar cepet diproses, waw banyak amat yang diproses yah………..jangan lupa hari Jumat ini tanggal 28 November 2008, inget, inget,inget

  2. Inimah namanya pemaksaan kehendak…
    pemerintahan yang keji menurut gw..
    anarkis buk..

    Oiye.. jangan lupa ya..
    tes kesehatan..

  3. Ehmm,,gw c mw aja bikin npwp,
    cuma masalahnya,,males kalo ntar pas harus lapor spt tahunan harus ke KPP yg jauh dari sini.

    Makanya gw mw tanya,,kalo qt ikut daftar kolektif lewat dwi anto, ntar KPP tempat qt lapor taunan di KPP mana?
    Apakah tergantung dari domisili yg tertera pada KTP yg qt ajukan? (karena punya dua KTP,hehehe)

  4. kota gw ga da KPPnya😳
    cuman ada KP4 doang..

    kalo daftar onlen brarti nyampein SPTnya kemana?
    alamat KTP kah?🙄

    mahal diongkos juga neh…

  5. Oh iya dwwwwwwwwwwoooooongggg….

    KTP-nya Tanah Abang ya lapornya di KPP Tanah Abang..

    KTP-nya Manokwari lapornya di Manokwari..

  6. KTP gw mo pake yg mana yah..
    sukabumi ada, jakarta ada, tangerang ada,
    manokwari juga ada👿

    di manokwari kan kagak ada KPP tuh..
    masa tiap gw mo bayar pajak gw naek pesawat dolo😥

  7. huff..
    WTF,another moderation’s needed, just to display my comment…👿👿

  8. Berarti kalo KTPku Pulogadung atw Malang harus lapor di Pulogadung atw d Malang?

    Hufff..males

  9. Hwaduh, hari gini masih bingung, bersyukurlah masih ada PT.POS persero walaupun sudah tidak berjaya, kita masih bisa memanfaatkannya, g usah dibikin susah dan bingung, manfaatkanlah kemajuan jaman huahahahahaha

  10. ngirim SPT nihil aja pake PT POS.. 50k ke jkt..
    padahal yg gw kirim NIHIL..😳

    entah lah..kalo sempet aja bikinnya..

  11. aq kan dah py NPWP nih, dadakan ga tau mo diapain bis itu. nah aq ty2 ma anak2 pajak ternyata ga serepot itu akibat py npwp.

    lapor SPT memang harus ke KPP yg sesuai dengan alamat di KTP tp ga hrs dtg ke KPP itu. jd lapor SPT tahunan itu bs lwt pos tercatat tanpa perangko (ty aja di kantor pos).
    untuk qt max lapor pph 1 th itu tgl 31 maret thn berikutnya.

    jadi ya susah kan lapornya

  12. kemaren saya ke KPP di kota saya tinggal. Saya cek untuk lulusan D3 STAN kok belum dibikinkan ya? sementara anak2 S1 secara default sudah punya NPWP, padahal mereka masuk setelah angkatan kami. Jadi yang bener gimana si?

  13. bikin sendiri aja mas..
    gampang kok bikinnya..
    meskipun ga tau harus diapain klo dah punya😆


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: