Posted by: retnoo | 20 June, 2008

Ada yang nggak Boleh Lupa…

Teman-teman yang saling menyayangi..

Akhirnya,,remun bulanan, rapelan remun, rapelan gaji ma gaji plus remun ke-13 udah kita terima… Ada buanyak digit angka di tabungan kita masing2 (kecuali Rivan,,kemarin aku liat jumlah tabungannya..hehe). Eh, gak terasa ternyata kita sudah masuk golongan wajib zakat..

Hasil bergaul ma Ibu-ibu di kajian Jumat ni (niatnya sih pengen dapet snack..=p)..jadi begini jelasnya zakat yang harus kita bayar..

Zakat yang kita bayar namanya zakat profesi. Dikeluarin tiap kita dapet penghasilan. Karena kita makhluk kantoran yang nerima gaji tiap bulan, maka kita mengeluarkan zakat tiap bulan.

Zakat diambil sebanyak 2,5% dari penghasilan yang kita terima tiap bulannya,,, dengan catatan penghasilan kita sudah melebihi nisab yang ditentukan..

(nisab setahun penghasilan adalah setara dengan 85-90 gram…kita ambil yang 85 gram biar aman. Harga emas sekarang lebih dari 200.000 sih, tapi untuk kemudahan perhitungan dan untuk lebih amannya kita ambil yang 200.000. Jadi nisab penghasilan setahun setara dengan 85 x Rp 200.000 = Rp 17.000.000,,dan sebulan sebesar Rp 1.416.666,7 ~Rp. 1.500.000)

Kesimpulannya kita sudah wajib zakat secara penghasilan sebulan minimal 3 juta.

Bagi yang punya penghasilan di luar penghasilan tetap..kalo sedikit cukup sedekah saja,,kalo banyak bisa digabungkan dengan penghasilan tetap tiap bulannya

Ayo segera sisihkan..Met berzakat..

~Buka genggaman yang tlah menjadi hak “mereka”~


Responses

  1. Iya.. Jangan lupa shodaqohnya..
    Tapi kalo dinamakan zakat q kurang sreg, coz zakat kan wajib tuh..
    Zakat tu ada namanya nishab dan haul. Nishabnya ya mkn kata mbak Retno, 17jt. Tapi itu harus mencapai haul, yaitu tdk berkurang dalam satu tahun. Jadi bukan penghasilan yang qt kalikan gt aj lho..
    Trus yang namanya zakat ya dibayar tiap tahun, bukan tiap bulan, yaitu setelah haul..
    Kalau mau tiap bulan, itu shodaqoh atau infaq yang sifatnya gak wajib.
    Tapi ingat, sungguh benar2 buruk orang yang melalaikan hak saudaranya

  2. Mari berzakat….tp teknisnya gmn yah?????

    byrnya kmn???mls nyari badan amil zakat..rumit….biar g repot gmn yha??

  3. @wira:ga usah pusing teknis2 wir,kirim aja ke rekening orang teraniaya dan terasingkan..
    (baca: rekening gw!!)🙂

  4. @alif
    makasih koreksiannya..yang aku masukkin itu ringkasan pengajian pas hari jumat itu..

    @wira
    Salurkan Dana Zakat Infak Shodaqoh ke Badan Amil Zakat Nasional ke Rekening: BNI Syariah No.Rek:807.55555.001 | Bank Mandiri No.Rek:070.0001855555 | Hotline: 021-3904555

    Coba situs ini..lebih lengkap
    http://www.baznas.or.id/
    ada kolom konsultasinya juga..

  5. saya bukan rivan.
    saya cuma mw bilang kalo Mas Rivan itu orangnya baik dan suka menabung. jadi yang dilihat ama mbak retno itu hanya gosip.

    dari orang yang mewakili Mas Rivan(orang yang digitnya gak sekedar buanyak tapi buanyak pol!)

    @zwillman on 22
    koreksi: ke rekening mas Rivan aja.

  6. @vanardi: saya jg bukan willman,saya temennya yg percaya klo yg dibilang mba retno itu bener..

    haha..

  7. Ooh..
    ini resume pengajian yang kita ikutin kemaren ya nok..? aduh djeung.. soiirr… gw ketiduran bow waktu pengajian ntuh…

  8. makin sepi aja ni blog..

    lg pada kemana y?

  9. iya sepi amit,,,,

  10. Lagi nunggu gajian dan remun berikutnyah hihi..

    Kemaren kayanya udah masuk 2.2 berarti remun yah?
    Gajian kapan donk?

  11. emang dah gajian y?

    anjrit lah di tempat gw ga da ATM…

    tapi ga da tempat blanja2 jg si..:(

  12. zakat gak selalu harus ke amil zakat
    pasri di sekitar kita bamnyak orang yang butuhin lo
    jadi bisa langsung diberikan aja

    semangat


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: