Posted by: mibnufajar | 30 October, 2008

Tentang Akreditasi Mercubuana

Berhubung sebagian besar dari kita yang penempatan di pusat kuliah di UMB a.k.a Universitas Mercu Buana, gw pengen nanya komentar temen-temen sehubungan dengan akreditasi terbaru UMB yang turun dari A ke B, terhitung mulai 2008 hingga 2013, yang berarti pada saat kita lulus, kira-kira satu setengah tahun lagi (amiiiin), kta akan menjadi lulusan Universitas Swasta berakreditasi B, yang mana untuk saat ini, menurut kebijakan SDM tidak diperkenankan untuk mendaftar menjadi calon pegawai BPK (kalo untuk penyesuaian golongan sih, gw masih belum jelas..harus nanya Ny. Agus Rahardjo (hoho..))

Yaaahhh..padahal kan salah pertimbangan gw masuk Mercu kan Akreditasi-nya..

Yaaahhh..any comment ?

P.S. : buat nge-check akreditasi PT, klik dsini

About these ads

Responses

  1. Hmm bagai mendung di sore hari, udah terlanjur basah yang sudah mandi sekali…gara-gara tidak teliti sebeum membeli akhirnya beli barang kadaluwarsa deh..kecewa lah…

  2. sebelumnya aq tau klo akre A kadaluarsa 2007, tp mrk meyakinkan qt sewaktu briefing besar dimeruya klo bakal A lg, lagian mrk pke promosi di internet dan katalog jg A. klo aq pribadi merasa ditipu apalgi aq hrs min.2 th.
    Dengan beban kuliah dan tgs tiap hr rasanya ga pantas klo hanya untuk B. Np ga sklian aja yg hy bli ijazah toh diakui B jg.
    Skrg mo cr2 informasi kampus lainnya
    ada usul kampus mn?

  3. iye neh,,
    gw nunggu keputusan SDM aje,, klo ga ngefek,, ya sudah,,

    yah, gw liat ntar lah,,
    klo emang lebih banyak ruginya,, gw cabut aje dari mercu trus nyari kampus laen,, mumpung belum terlalu jauh melangkah,, ah,, #$$#%$^&*() masa gw harus memaki2 hahhahahahahha

    well, kekna jodoh gw ma kampus itu harus segera diakhiri,, ya ga seh?

    males dech,,

  4. Menyebalkan!!! ini hal kedua yg membetekan buat gw ttg MERCU BUANA, yg pertama mereka menjanjikan bahwa ada kelas manajemen malem di menteng yg pd akhirnya GA ADA,finally gw hrs terdampar di jur AKUNTANSI yg buat gw BLANK bgt, setuju nin, tugasnya buanyak bgt…serasa masuk SMA lagi. eh…skrg AKREDITASInya masalah…MERCU..oh MERCU…please deh, hari gini jgn jual janji palsu hanya untuk mengejar target usaha :-) . Semoga ada penjelasan atas semua ini :-o

  5. Benciiiii…..barang kadaluwarsa, tapi ngenes banget deh, akreditasi A kan pointnya harus 360, eh mercu 357…sedih banget yakk..gimana kalo ntar kita terusin dulu semester I nya , baru pindah, ahhh benciiii, kuliah YAI ajah…hahahahaha

  6. arghhh…

  7. Kagak terima harusnya,
    penipuan trhadap customer tu…
    aq jg dsuruh mercu krn akreditasinya A, klo nggak mnding jd Thaliban, deket kosan, tinggal jalan, g lama lg kulnya, klo sm2 B nya knp hrs jauh n lama? bnyk tugas pula?

  8. kalian ini,, aneh,,, udahlah,, terima aja,, tanggal SK itu Agustus 2008,, jadi ya,, klo setelah tanggal itu kita baru daftar ke Mercu, tanpa ngecek dulu akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional,, berarti harus udah tau konsekuensinya lah,,

    kecuali,, klo emang dari awal tahun dah keluar akreditasinya B, tapi mereka ngomong A,, baru penipuan,, lha wong bulan Juli aja masih A,, yah,, gw yang daftar bulan Juli, ga merasa ketipu,, cuma kecewa aja,, kok bisa turun tuh angka,,

    paling buruk,, gw jadi putus sekolah hahahah
    yah,, sapa tau gw dipiara n disekolahin ama negara,, hahahahhaha

    gw lagi kelaperan,, ga ada kerjaan,, jadi begini lah keadaannya,,

    mo pindah kuliah?
    UMB aja,,,jajajajhahahhaha

  9. eh,, parah lo,,

    ga bisa gitu tau,, itu namanya kita buang2 duit, waktu, tenaga,, cuma buat akreditasi B yang tidak diprediksi,,

    ngapain kuliah kek gitu klo sama aja ama kampus2 aneh tak berkualitas,, gw keluar ajah,,
    tadi gw dah nanya2 gitu ke YAI,, hm,, tunggulah kedatanganku,,,
    tapi, gw mo transkrip dulu nilai gw,, lihat nambah berapa semester di situ,,

    otre!?

  10. Suebel..suebel!!!! ini namanya kebohongan Publik…Knp pihak Mercu tidak mengumumkan dari awal klo ternyata akreditasinya cm B?? udah tugasnya banyak, dosennya gak ada yg enak, eh, akreditasinya cm B..

  11. hm,,

    so,, what say you?

  12. YAI, apa Pancasila, apa Guna darma ya?duh pusiiing……YAI tukang tawuran, Pancasila juga, Gunadarma 2009 expired akreditasinya…hahhh apa ambil UI aja y yang aman…hehhhhh…..apa jadi thaliban aja ya

  13. hm,, karena sepi pengunjung,, gw ngisi ahh,,
    ada topik apa hari ini?

    oh, jadi Mercu akreditasinya B? kok bisa?! bukannya dulu A ya?

  14. wah blog jd rame lagi neh..

    Hmm..perbincangan cukup seru juga..
    Padahal gw kmrn pas baru tau ttg akreditasi B itu gw adem2 aja,,tp bgtu baca komen tmn2 jd ikut panas niehh..

    Kalo menurutku sih,,daripada qt rame sndiri,,bingung ga jelas menentukan bgmn langkah yg harus qt ambil,,alangkah baiknya qt mohon pencerahan dari temen2 biro SDM tentang pengaruh lulusan univ swasta akreditasi B pada stastus kredit poin kita di BPK untuk pengurusan kenaikan pangkat.

    So,,okit, retno, fikri..kami tunggu konfirmasinya..

  15. Lovasa Jayus….

    Ayo kuliah di tempat Edi, Swadaya akre A
    atw pindah ke Supra…
    Modhar Thalib juga bisa jadi pilhan

    atw di Binus….. mayoritas lulusannya kerja di luar negeri (kata iklan radio)
    deket ama kosan dan warung makannya yang menyediakan makanan yang tidak bisa dimakan oleh kalian. HAHAHAHAHAHA….

    ASU!

  16. Mnunggu kbr tmn SDM yg jauh…
    Okit lg kencan g plg2
    zul jg lg tugas
    bu retno lg kmn yakz?
    y… gmn y…
    no more comment till this time, just lil bit disappointed…
    huahahaha

  17. Mercu turun akreditasi bulan agustus.
    jadi klo pada daftar sebelum agustus ya bukan penipuan.
    untuk alternatif tempat kuliah di jakarta (yang mo pindah):
    1. STIE Indonesia, A smp 29 Des 2012 (t4 gw kul)
    2. STIE Perbanas, A smp 26 Mei 2009
    3. STIE Swadaya, A smp 1 Juni 2011
    4. STIE Trisakti, A smp 4 Agt 2010
    5. STIE YAI, A smp 26 Nov 2012
    6. Universitas Binus, A smp 10 Juli 2012
    7. Universitas Bunda Mulia, A smp 13 Juli 2011
    8. Universitas Gunadarma, A smp 7 Mei 2009
    9. UI(ekstensi), A smp 19 Mei 2012
    10. Atma Jaya, A smp 13 Okt 2010
    11. Universitas Muhammadiyah Jakarta, A smp 27 Okt 2010
    12. Universitas Pancasila, A smp 30 Sept 2010
    13. Universitas Pelita Harapan, A smp 13 Agt 2009
    14. Universitas Persada Indonesia YAI, A smp 16 Des 2011
    15. Universitas Tarumanegara, A smp 15 Des 2008
    16. Universitas Trisakti, A smp 15 Okt 2009

    itu tuh… klo menurut gw untuk safety-nya pilihannya:
    1. STIE Indonesia
    2. STIE Swadaya
    3. STIE Trisakti
    4. STIE YAI
    5. Binus
    6. Bunda Mulia
    7. UI
    8. Atmajaya
    9. Muhammadiyah
    10. UP
    11. UPI YAI

    dah ah ngaso dulu bis ngerjain tugas kampus… ntar malem ujian cost…

  18. wahaha….. bingung juga klo mw nyalahin orang, nyalahin sapa y??
    tapi klo udah ketemu sapa yg salah trus diapain y?? hmm….masuk d4 rame2 yuk! ada yg berminat????

  19. wahhh…
    rame lagi yah…:)

  20. ayuukkzzz…kul D4 aja deh…!!

  21. D4 yokk D4…lumayan 2 taun balik ke jkt…
    huehuehue

  22. anak sdm sibuk cuy…..
    pasti sibuk dengan penerimaan CPNS….
    Mengerti lah…..

  23. mana beritanyaaaa…kita musti nnya siapa?
    ahhhhhhhhhhhhhhhh gelaaaaaaaaaaaaaaaaaap

  24. Mari kita adakan demo ngambek…..

    kita adakan HARI MBOLOS SESTAN-MERCU.
    Tanggal: Hari ini (kapanpun membaca tulisan itu, itu lah harinya)
    Tempat : terserah
    Peserta : Tidak mengikat (karena memang anggarannya tidak mengikat) bawa sekalian anak2 non-stan, itu lebih baik.
    (buat yang nanti kuis, so what….)

    Mari kita lampiaskan uneg2……

    Wartakan kepada teman2….

    See you nanti sore.

  25. Pindah..pindah…

    Cepet,,keburu disusul ma adik2 angkatan di bawah qt..!!!

  26. Misi mbak,,
    Misi mas,,,
    ada apa ini? ada apa ini???
    heheheehe

    Jangan di Bang Thalib,, ada kakak kelas yang ambil di situ trus setelah menjalani perkuliahan baru nyadar ternyata Akreditasi C, bukan B.
    Ko Perbanas ga dimasukin pertimbangan??lumayan lho, di sistemnya paketan 15bulan. Itu blum termasuk skripsi, total 18 bulan. Jadi sistem pembelajarannya ga semesteran kaya kampus2 biasa tapi dalam 1,5bulan belajar dua matkul. Itu udah sama skripsi juga. Tapi baru buka Maret tahun depan (tapi ga tau kalo dilobi bisa ap ga). Daripada di YAI, Atma dan Binus yang per semesternya ga jauh beda ma UI, dosennya mungkin enak tapi sayang aja duitnya
    Saran gw, kalo di swasta jangan ambil yang mahal..mending UI skalian..
    yah gitu deh,,semoga membantu..

  27. MERCU……..

    BUSUK!!!!!!!

    Ga Profesi0nal…..

    Penuh Kontroversi……

    Almamaternya Merah…..

    Bayarnya gak bisa transfer………

    Intinya Mercu BUSUK!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. ^

    ^

    ga usah kasar2 mas..
    BAKAR aja langsung kampusnya!!

  29. beritanya ga jelas,, coba kasih tau gw,, apa dampak yang merugikan kita kalo akreditasi B??

    gw maish heran aj,, kok ngeributin ini, itu,, tapi dasarnya heboh apa?
    toh SDM katanya (hari ini) ga masalah ama akreditasi B,,
    wlo pun kemaren bilangnya ga bisa,, harus akreditasi A,,

    ah,, paling juga besok berubah lagi,,
    yang bikin gw pusing adalah,, bukan akreditasinya,,
    tapi sikap, ucapan, dan perilaku anak2 setelah turunnya akreditasi,, padahal gw belum yakin alasan hakiki mereka uring-uringan hahahhaha

    aneh,,,

    a**, *s*, **u,,,
    (still confuse)

    :p

  30. hati-hati dengan konspirasi ayam jago aja,,

    berbahaya,, laten tingkat advance,,

  31. hiks…hikss..

    udah gendut gini…eh masih ketipu lagi…
    udah gitu…dapet di biro humas luar negeri lagi…huuuu

  32. oia….gw uda ada surat buktinya….barusan udah di fax sama biro administrasi dan akademik Mercu…

    yang mo liat…silahkan ke ruangan 248, bagian hubungan luar negeri

  33. mo nanya, kalo PTN ada minimal akre juga ga si buat naekin pangkat?

    @all off intruder that NON MEMBER of stanbpk2007:
    stop flamming man..theres a lot of space for you to be a junker. tapi jangan disini plss..

    ga enak ngeliat kata2 kasar n provokatif gitu.. :-o
    lagian kita kan cuman mo confirm aja soal pengaruh akre buat kenaikan pangkat..itu aja kok..

    ditempat lain aja okeh!

    regards

    will

  34. ada yang bilang….

    Universitas M*#@#@ (isi sendiri sesukanya/gak tega) berakreditasi B

  35. Wah…
    Apa gw datang terlambat?

  36. jelas terlambat kit..

    push up sono!! (teringat saat2 diklat bersama rindam.hahaha..)

  37. Woiya… kata Rait lu dah jadi kalan manokwari ya will..
    selamet ya omm..
    hehehe…

  38. begh..gosip darimana tuh?
    gw jadi kalan manokwari tu kalo papua merdeka!

    jadi kita ntar ketemunya pas ada pertemuan INTOSAI..

    huehuehue..

    back to topic:
    eh” kit, PTN ada minimal akre juga ga sih buat naekin pangkat? mo ikutan UT tapi akrenya jelek..kalo ga bisa ya nganggur dah..

  39. Huahaha…

    Sekarang kan di BPK ada ujian penyesuaian buat yang nglanjutin kuliah sendiri.
    PTS aja sebenernya boleh B masak PTN ga boleh..
    yang penting ntar ujian penyesuaiannya lulus deh will..

    Hmm.. mo ikutan UT yak? bukannya lama tuh? menurut gw si mending kuliah deh.. lebih berasa gimana gitu kayaknya..

    Tul gak…

  40. kalo gw bisa kuliah sih jelas mau kit..

    -but, think where we (gw n anak SeTan lain di kota ini) are now-

    ga da kampus disini kit..kalo pun ada universiteit, ga da yg jurusan akuntansi..
    masa gw masuk BPK tapi sarjananya dari Pertanian? :(

    UT aja dah, lumayan buat ngisi waktu..
    ga lama kok, bisa konversi sebagian sks dari STAN.
    semester ini aja gw bisa ambil 10 mata kuliah (yg mana gw ga ikut UAS di 5 mata kuliahnya karena lagi pe es..ha2..)

    emang kalo temen2 yg kuliah normal (ngampus tiap hari tertentu) nyesuaikan jadwal ama tugas n kerjaan gimana?

    wong gw aja yg ga pake acara ngampus masih bisa ga ikutan ujian..hwakakaka..

  41. Wakakak
    Tambahan… Dari 10 mata kul yg diambil, dan 5 mata kul yg ikut ujian, paling 1 semester cuma lulus 2 ato 3 mata kuliah aja he….

    Yg di mercu jadi pada pindah kah?

  42. Aduuh… bener bener masalah pelik deh..
    ntar deh.. gw konfirmasi ke pak sulung..
    intinya si mah kalo buat kalian yang jauh..
    mending ambil D4 daripada UT..

    UT itu….

  43. betul sekali bu..
    doain aja biar bisa d4 (dengan catatan diizinken ama bos gw disini…)

    asik kalo bisa balik ke jkt..hu2

  44. heh???

    Gw ikut 10 mata ujiannya…dgn ssh payah plng pergi tiap mingggu….

    D4 nyok….

    tapi kata tmn2 gw…klo d4, potensi loss duidnya gede….

    bayangin,…di batam kesmptan pS tiap tahun 5x, anggap revenue yang kita dptkan 10 jt per pS…dikali kan 10(2 tahun wkt kul d4), so dpt 100 jt untuk 2 tahun. blm lagi potongan gajji 50 prsen katany….wah…ke bayang kan miskinnya…

    (kok gw jadi matrealistis yak?????) hehehhe

    tapi gw seh milih d4, krn saat PS diu batam,di tanyai mulu ma audite, alumni stan??d4 ato d3??bayangin sktnya di remehhin sat lojwb d3….krn auditee disini alumni stan d4…anak stan dari bpkp yang anti bpk….

    @will, mang kapan tes d4???
    @okit, persyaratn d4 opo?

  45. Ijin bos wajib ga sih buat DIV? Kalo ga diijinin trus sembunyi2 gmana? :p

    Weleh-weleh…
    Disini ada juga wir tp alumni yg rada2 kurang baik di pemda eks BPKP.. AT yg lain pada ngeledek..’kakak kelasmu tuh’.. Dan parahnya kmaren dia pamit katanya mau pindah ke BPK dapet koneksi dr pejabat disana.. emang masih bisa kaya gt yah?
    Bilangnya ke AKN ganjil..kali aja ada yg kedatengan..

    Oya kalo potensi loss santai aja sih..masih muda ini…masih panjang waktu di BPK he…

    Oya kit skalian tanya kalo abis tugas blajar kudu balik ke unit kerja semula kah?

  46. BPK daerah lagi mo penerimaan pegawe kan? tu org BPKP mau jadi putra daerah papua kali :-o

    heheheh..

    @wira:batam bisa 5 kali PS setaun? ajegile..
    ditempat gw aja yg 3 kali dah disuruh istirahat, gantian ama yg laen..
    mantap juga tempat lu ye..

    oya, d4 daftarnya kapan sih?
    ada yg punya infonya?

  47. Kabar terbaru dari DepKeu..
    sekarang kalo mo D4 musti ada persyaratan 2 tahun kerja dulu..
    makanya tahun ini kan ga ada D4 langsung..
    Ntar kalo ada gw post deh..

    Gw lagi cari banyak info ni buat sekolah lagi..
    Yang terakhir si
    yang pasti “Kelas Jauh” dah ga diakui..

    Kelas jauh tuh kayak:
    satu..
    Elu penempatan Jakarta tapi kuliah di Bandung
    dua…
    Sabtu Minggu (pastiin ijazah anda gak tertulis kayak gitu)
    tiga..
    UT.. (gw deg degan ni bilangnya..)

    Tentang akreditasi..
    Swasta masih boleh B cuma ada di kebijakan Sekjen Dharma Bhakti..
    jadi yaa… siap siap aja kalo ganti sekjen lagi ya.. ganti kebijakan pula..

    Hhh..
    Moga dapet yang terbaik lah buat kita semua..
    -gw berasa pengen nangis kalo ngomongin masa depan ni-
    -kebayang kelas gw yang jumlah anaknya cuma 10 ekor macem Laskar Pelangi- (padahal gw belom pernah nonton Laskar pelangi..)

    Bijak bijaklah memilih tempat kuliah.

    Btw,
    kalian lagi ngomongin PS yak?
    kayaknya tempat gw PS bisa dilakuin tiap hari..
    gak terbatas setahun ampe 5 kali..
    heheehe.. PS yang laen si.. -miris-

  48. affirmative.. :-o
    gw cabut dari UT..

    huaaa…

    bener2 harus D4 ini… :(

  49. @okit Jr: eh”, sebelom gw cabut dari UT, mo confirm lagi nih..

    tu info lo yg diatas ini tu keadaan di BPK apa di Depkeu?

  50. UT tergantung akreditasinya..
    jadi cek aja di BAN-PT akreditasi jurusan..
    setahu gw si jurusan akuntansi ga ada akreditasinya..
    tapi coba cek sendiri ya will..

    Ato..
    elu konsultasi ke Bang Beda ajah.
    dia kayaknya mengalami dilema yang sama..
    tapi dia dah konsul juga ke pak erwin..
    ocey..

  51. lha…???
    kmrn konsultasi ma pak padang, katanya UT diakui??? jadi gmn?

  52. lom resmi kalo belom ada tertulisnya kali..

    gw dah tanya beda, katanya asal terakreditasi bisa..
    akun di UT kayaknya ga masuk list BAN-PT deh..

    so, gimana wir?
    lanjut or cabut?

  53. Hmm…
    Lebih detilnya si Pak Erwin aja si Wir..
    Dia kan fokusnya ke bagian kayak gini kayak gini.

    Gw rasa si yang dimaksud Pak Padang..
    yaa.. yang berakreditasi gitu..

    Hmm..
    D4 ajah wir.. ato cari universitas disitu..
    Ocey..
    Ya tinggal pilih si…
    D4 berarti bisa ketemu gw lagi dijakarta.. heehehe..

    -apa si-

  54. gimana dengan tempat yg kagak ada univ. nya?
    hiks…

  55. klo lu2s D4 yah cabut lah…..
    ngapain buang2 kesempatan untuk kuliah lagi, bangun telat, banyak libur, main biliar lagi scr bebas, belum lagi prestise yang diadapt klo dah lu2s…auditee..pada hormat bung… dan yang paling ptg sekrang posi2nya dah punya gaji..hehehhehehe..

    kan bisa foya2…muda foya2…tua kaya raya, mati masuk surga…huhuhu..

    Gimana??kapan mau cabut….lets go to d4…huhuuu….

  56. @ okit..mana form surat prmohonan d4??
    gw gak biasa bikin surat seh…maklum diklat auditor ahli, bindo gak lu2s gw..hhehehhehhehe

  57. gw lom dapet info sama skali soal daftar d4 (soal tata cara, prosedur, birokrasi, ato apalah itu..).

    ada yg punya infonya ga? share pls..

    @wira: sekarang aja yg belom pasti ada d4, dah berniat untuk cabut gw.. :lol:

  58. cabut..cabut..
    Udah registrasi aja males ikut ujian qiqiqi pantesan orang bilang UT lulusnya lama… :p

    Ada form surat permohonan DIV kah?
    Minta kit…ga bisa bikin surat juga.. B.Indo lulus sih tapi ngulang (^_^)v

  59. Aduh2…
    Soal kuliah2 ini..

    1). Universitas Terbuka
    Tolong sebelum cabut dari UT konfirmasi dulu..
    UT itu terakreditasi kog, meskipun terakhir ini akreditasi-nya C, tapi dulu sempat B..
    Dan BTW, Pak Erwin itu lulusan UT..Dy hidupnya tenang2 ajah..S2 luar negeri pula..

    2). Kuliah Jarak Jauh
    Jadi gini, temen seruangan gw mba Tatik..masuk BPK sebagai lulusan D3, tapi waktu itu sementara kuliah S1 di UGM..

    Dy dapet penempatan di Jakarta, tapi tetep nerusin kuliahnya di Jogja..(nitip absen..tugas di email..ke Jogja pas ujian ajah..), ini berarti kuliah jarak jauh kan?Tapi bisa-bisa aja tuh ijazahnya buat penyesuaian..
    Tapi, sekali lagi, pastiin dulu..

  60. akreditasi C?
    serius nu? gw nyari pake link yg lo kasih diatas ga nemu tuh.. yg akuntansi nya yah..

    kalo jurusan lain sih ada.
    CMIIW

    gw sih berharap banget ga da masalah sama UT ini.
    soalnya bos gw disini entah kenapa ga terlalu suka anak buahnya pergi2..

    angkatan diatas gw aja ga diizinkan…

    huhuhu…
    sedih dah

  61. eh bukannya negeri walupun C gag pa2???

    kan UT negeri??

  62. justru itu..
    gw ga nemu kalo jurusan akuntansi tu akreditasinya C..

    gw cuman dapetnya jurusan lain aja..
    emang lo mau pindah jurusan ke ilmu statistik ato pertanian?

  63. Gw tadi nyari di google, katanya “UT dapat akreditasi internasional dan sertifikat kualitas dari ICDE”.

  64. waaahhhh aku anak SMA yang mau lulus terus langsung meluncur ke mercu nih , pas ngeliat comment ini jadi bingung + takut , kalo masuk sinih jadi gmna nanti ? ckck >.< wahhhhhhh binguuuungg

  65. Emanng tuh MERCU licik..udah kita bayar mahal2 SKS nya..eh kelasnya cupu banget..kita “terpaksa” duduk di kursi kayu kayak anak SD..bokis banget gambar di brosurnya ya..! Dimana-mana harga menentukan kualitas kale..Yg tambah parah katanya Mercu rangking 34 universitas se Indonesia:
    http://www.4icu.org/id/ diatasnya Unsoed, Untar,YAI??!!Aneh banget yaks..!!Udah kita cabut aj dari MERCU..mentalnya masih orde baru banget tuh kampus kayaknya..ASU…:<<<<

  66. w bru lulus nih, th ni, mw msuk mercu jurusan psikologi, kata y blum d akreditasi y? and ngliat comment y pda gni, jd agak down w

  67. Padahal gwe baru aja senang karena dapat beasiswa dari Mercu…
    tapi, setelah baca komentar di atas langsung sakit ati.. ;’(

  68. Mw akreditasi a atw b skrg itu gk mslh !!!! Yg penting pengalaman lihat z lowongan pekerjaan !!! Harus 1-3 tahun pengalaman !!!! Jdi ya kenapa harus di sesali


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: